Peramalan Kelancaran Santri Dalam Belajar Tahsin Menggunakan C4.5

Muhammad Yuda Rizki

Abstract


Belajar merupakan sebuah kewajiban bagi seseorang yang sedang menempuh pendidikan..Bumi Al-Qur’An merupakan lembaga yang bergerak di bidang mempelajari ilmu Al-Qur’An seperti Tahsin,Tahfidz,dan Tilawah. Pada kelas tahsin para santri dan santri wati di ajarkan tentang Alhiro dimana pada pelajaran Alhiro mempelajari tentang membenarkan bacaan Al-Qur’An yang masih kurang bagus dan dalam hal ini santri juga belajar makharijul huruf,sifat-sifat huruf ketukan panjang pendeknya suatu bacaan,hukum-hukum tajwid dan lainnya.Dengan belajar tahsin para santri dapat dengan mudah untuk belajar ke tingkat selanjutnya yakni tahfidz.Terdapat 4 Tingkatan dalam belajar tahsin di Bumi Al-Qur’An yakni tingkat bawah yg mana pada tingkatan ini mempelajari tentang al hiro 1-4 ,kelas tengah 5-8, persiapan 9-13, dan tingkatan atas mempelajari tentang pembacaan al-qur’an dan lagu.Pada kelas tahsin santri dan santri wati tidak dapat naik ke tingkat selanjutnya jika belum dinyatakan mumpuni dan lulus pada tingkatan sebelumnya salah satunya pada tingkatan menengah.Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kelancaran santri/santri wati dalam belajar tahsin yaitu Perilaku (C1), Semangat Belajar (C2), Kebersihan & Kerapian (C3), Kehadiran  (C4), dan Pekerjaan Ibu (C5).Sebagai solusi dari permasalahan tersebut dilakukanlah proses analisa dan perhitungan yakni peramalan terhadap kelancaran santri dalam belajar tahsin khususnya pada tingkat menegah.Algoritma C4.5 adalah salah satu algoritma yang cocok dalam kasus peramalan ini Sebagai solusi dari permasalahan tersebut dilakukanlah proses analisa dan perhitungan yakni peramalan terhadap kelancaran santri dalam belajar tahsin khususnya pada tingkat menegah.Algoritma C4.5 adalah salah satu algoritma yang cocok dalam kasus peramalan ini  

References


Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Desyanti, D. (2021). Implementasi Metode C.45 dalam Menganalisa Tingkat Kecemasan Mahasiswa Menyusun Tugas Akhir. Jurnal Unitek, 14(1), 17–29. https://doi.org/10.52072/unitek.v14i1.175

Dhika, H., & Destiawati, F. (2018). Penerapan Algoritma C45 Untuk Penilaian Karyawan Pada Restoran Cepat Saji. September, 55–59. https://doi.org/10.31227/osf.io/zcsfm

Harahap, S. H. (2017). Pemanfaatan Aplikasi Penggambar Diagram Alir (Flowchart) sebagai Bahan Ajar untuk Mata Kuliah Sistem Akuntansi di Fakultas Ekonomi pada Perguruan Tinggi Swasta di Kota Medan. Kitabah, I, 14.

Kasmar, I. F., & Anwar, F. (2021). Metode Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Alquran Peserta Didik. An-Nuha, 1(4), 617–629. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i4.140

Khoiruddin, H., & Kustiani, A. W. (2020). Manajemen Pembelajaran Tahsin Al-Quran Berbasis Metode Tilawati. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 5(1), 55–68. https://doi.org/10.15575/isema.v5i1.5546

Lafau, F. (2019). Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma C45 Untuk Memprediksi Pembayaran Kredit Macet Atau Lancar Pada Bank. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu …, 31–36. http://journal.upmi.ac.id/index.php/JTIIK/article/view/329

Mayasari, D. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tahsin Dan Tahfidz Al-Qur’an Di Ma Tahfizhil Qur’an Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara. ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 3(2), 40. https://doi.org/10.30821/ansiru.v3i2.5848

Rachman, R., & Handayani, R. N. (2021). Klasifikasi Algoritma Naive Bayes Dalam Memprediksi Tingkat Kelancaran Pembayaran Sewa Teras UMKM. Jurnal Informatika, 8(2), 111–122. https://doi.org/10.31294/ji.v8i2.10494

Rizki, M. Y., Sartika, E., Pratama, Y., Rasika, S., Windarto, A. P., & Pembahasan, A. D. A. N. (2020). Implementasi C45 Dalam Memprediksi Index Prestasi Mahasiswa / i Menurut Kebiasaan Belajar. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), 297–303.

Suendri. (2018). Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan). Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 3(1), 1–9. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/algoritma/article/download/3148/1871

Widayu, H., Nasution, S. D., Silalahi, N., & Mesran. (2017). Data Mining Untuk Memprediksi Jenis Transaksi Nasabah Pada Koperasi Simpan Pinjam Dengan Algoritma C4.5. Media Informatika Budidarma, Vol 1, No(2), 37.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

LPPM STIKOM Tunas Bangsa
https://tunasbangsa.ac.id/lp2m/
Organized by STIKOM Tunas Bangsa
Published by LPPM STIKOM Tunas Bangsa
W: https://skripsi.tunasbangsa.ac.id/index.php/2022

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0