Klasifikasi Kepuasan Siswa Terhadap Sarana dan Prasarana SMP Al-Jihad Menggunakan Algoritma C4.5 Kerasaan 1
Abstract
Mengukur kepuasan siswa sangatlah penting untuk diperhatikan mengingat tingginya tingkat persaingan dalam dunia pendidikan seiring berkembangnya pengetahuan dan teknologi. Dalam mengukur kepuasan siswa sangatlah penting diperhatikan apakah sarana dan prasarana yang ada saat ini sangat mendukung dalam memenuhi kebutuhan Siswa. Mengukur kepuasan siswa akan sangat membantu suatu Sekolah dalam peningkatan kualitas kebutuhn siswa yang nantinya juga akan berdampak pada peningkatan jumlah siswa. Sistem yang sangat dibutuhkan adalah Klasifikasi kepuasan siswa terhadap sarana dan prasarana smp al-jihad kerasaan 1. Dimana siswa akan menjadi objek yang memberikan penilaian/opini terhadap variable-variabel yang memiliki karakteristik yaitu Ruang kelas, Ruang Praktek, Perpustakaan, Ruang Ibadah, Ruang Toilet, dan Lapangan / Halaman. Sistem ini dibangun dengan algoritma C4.5 dan Pengujian system dengan batuan aplikasi WEKA.
Full Text:
Diterima: Revisi MayorReferences
Batubara, Dinda Nabila. Windarto, A. P. (2019). ANALISA KLASIFIKASI DATA MINING PADA TINGKAT KEPUASAN PENGUNJUNG. Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komputer (KOMIK), 3(1), 588–592. https://doi.org/10.30865/komik.v3i1.1664
Darma Kusuma, W. (2021). Klasifikasi Kepuasan Siswa Terhadap Kinerja Guru Smk Satrya Budi 2. Terapan Informatika Nusantara, 2(7), 460–465.
Dasa Putri, A., & Kunci, K. (2019). Computer Based Information System Journal DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5 UNTUK MEMPREDIKSI KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP TERHADAP KINERJA DOSEN DI KOTA BATAM. Computer Based Information System Journal, 07(02), 56–66.
Lestari, A., Mariati, E., & Widiatry, W. (2020). Model Klasifikasi Kepuasan Mahasiswa Teknik Terhadap Sarana Pembelajaran Menggunakan Data Mining. Jurnal Teknologi Informasi: Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Bidang Teknik Informatika, 14(2), 112–118. https://doi.org/10.47111/jti.v14i2.1222
Martinus, T. (2013). Analisis Implementasi Kebijakan Pengelolaan Sarana dan Prasarana Sekolah Di SMP Negeri 2 Batu. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 26–34.
Oktavia, C. A., Rahmadwati, R., & Santoso, P. B. (2015). Analisis Kinerja Algoritma C4.5 Pada Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jenis Pelatihan. Jurnal EECCIS, 9(2), 144–149.
Riandari, F., & Simangunsong, A. (2019). Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Mengukur Tingkat Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Man, 3(2), 1–7.
Rismayanti. (2016). Implementasi Algoritma C4.5 Untuk Menentukan Penerima Beasiswa Di Stt Harapan Medan. Media Infotama, 12(2), 116–120.
Shiddiq, A., Niswatin, R. K., & Farida, I. N. (2018). Ahmad Shiddiq Analisa Kepuasan Konsumen Menggunakan Klasifikasi Decision Tree Di Restoran Dapur Solo (Cabang Kediri). Generation Journal, 2(1), 9. https://doi.org/10.29407/gj.v2i1.12051
Vulandari, R. T. (2017). Data Mining Teori dan Aplikasi Rapidminer (I). PENERBIT GAYA MEDIA.
Refbacks
- There are currently no refbacks.