Analisa Klasifikasi C4.5 Terhadap Faktor Penyebab Kesulitan Siswa Dalam Menghafal Alqur’an
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor dominan terbesar yang menyebabkan kesulitan siswa dalam menyelesaikan hafalan Al-Qur'an. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan Data Mining dengan menggunakan algoritma C4.5. Sumber data penelitian yang digunakan diperoleh dengan menyebarkan angket kepada siswa secara acak di lingkungan Sdit Sdit Pematangsiantar. Adapun variabel penelitian yang digunakan adalah motivasi Hafal tepat waktu (C1), kemampuan menghafal Al-Qur’an (C2), Peran orang tua (C3), proses menghafal (C4), dan lingkungan teman sebaya (C5). Pada penelitian ini alternatif yang digunakan sebagai sampel adalah Siswa SDIT Cendekia, kelas 4,5 dan 6. Hasil dari klasifikasi menggunakan algoritma C4.5 dan pengujian dengan software rapidminer.
Full Text:
Diterima: Revisi MinorReferences
Arifiyanti, A. A., Pradana, R. M., & Novian, I. F. (2018). Klasifikasi Produk Retur dengan Algoritma Pohon Keputusan C4.5. Jurnal IPTEK, 22(1), 79. https://doi.org/10.31284/j.iptek.2018.v22i1.243
Arisandi, A., Damanik, I. S., & Saragih, I. S. (2020). Analisa Faktor Kesulitan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Skripsi Dengan Algoritma C4.5. Brahmana : Jurnal Penerapan Kecerdasan Buatan, 2(1), 16–24. https://doi.org/10.30645/brahmana.v2i1.44
Asroni, A., Ali, N. M., & Riyadi, S. (2018). Perkiraan Masa Tunggu Alumni Mendapatkan Pekerjaan Menggunakan Metode Prediksi Data Mining Dengan Algoritma Naive Bayes Classifier. Semesta Teknika, 21(2), 189–197.
Gultom, J. P., & Rikki, A. (2020). Implementasi Data Mining menggunakan Algoritma C-45 pada Data Masyarakat Kecamatan Garoga untuk Menentukan Pola Penerima Beras Raskin. KAKIFIKOM (Kumpulan Artikel Karya Ilmiah Fakultas Ilmu Komputer), 11–19. https://doi.org/10.54367/kakifikom.v2i1.664
Hidayat, R., & Candra Wijaya, M. P. (2017). Ayat-Ayat Alquran Tentang Manajemen Pendidikan Islam. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Mardi, Y. (2017a). Data Mining: Klasifikasi Menggunakan Algoritma C4. 5. Jurnal Edik Informatika Penelitian Bidang Komputer Sains Dan Pendidikan Informatika, 2(2), 213–219.
Mardi, Y. (2017b). Data Mining: Klasifikasi Menggunakan Algoritma C4. 5. Jurnal Edik Informatika Penelitian Bidang Komputer Sains Dan Pendidikan Informatika, 2(2), 213–219.
Mubarak, A. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Web Sekolah Menggunakan Uml (Unified Modeling Language) Dan Bahasa Pemrograman Php (Php Hypertext Preprocessor) Berorientasi Objek. JIKO (Jurnal Informatika Dan Komputer), 2(1), 19–25.
Nasrullah, A. H. (2018). Penerapan Metode C4.5 untuk Klasifikasi Mahasiswa Berpotensi Drop Out. ILKOM Jurnal Ilmiah, 10(2), 244–250. https://doi.org/10.33096/ilkom.v10i2.300.244-250
Putra, D. W. T., & Andriani, R. (2019). Unified Modelling Language (UML) dalam Perancangan Sistem Informasi Permohonan Pembayaran Restitusi SPPD. Jurnal Teknoif ITP, 7(1), 32–39.
Rahmawati, F., & Merlina, N. (2018). Metode Data Mining Terhadap Data Penjualan Sparepart Mesin Fotocopy Menggunakan Algoritma Apriori. PIKSEL: Penelitian Ilmu Komputer Sistem Embedded and Logic, 6(1), 9–20.
Robby, R. (2019). Analisa Algoritma C4. 5 Dalam Menentukan Faktor Yang Mempengaruhi Munculnya Professional Blogger. JURNAL ILMIAH INFORMATIKA, 7(01), 11–17.
Santoso, S., & Nurmalina, R. (2017). Perencanaan dan pengembangan aplikasi absensi mahasiswa menggunakan Smart Card guna pengembangan kampus cerdas. Jurnal Integrasi, 9(1), 84–91.
Sembiring, M. A., Sibuea, M. F. L., & Sapta, A. (2018). Analisa Kinerja Algoritma C. 45 Dalam Memprediksi Hasil Belajar. Journal Of Science and Social Research, 1(1), 73–79.
Sodik, M., Sahal, Y. F. D., & Herlina, N. H. (2019). Pengaruh kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Alquran Hadis. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 7(1), 97–112.
Wajhillah, R., & Yulianti, I. (2017). Penerapan algoritma c4. 5 untuk prediksi penggunaan jenis kontrasepsi berbasis web. Klik-Kumpul. J. Ilmu Komput, 4(2), 160.
Yusuf, K. M. (2021). Studi Alquran. Amzah.
Refbacks
- There are currently no refbacks.