Prediksi Peminatan Topik Keilmuan Dalam Menyelesaikan Studi Di STIKOM Tunas Bangsa dengan Algoritma Naive Bayes

Waldi Setiawan

Abstract


Pencarian sebuah faktor yang membuat mahasiswa memilih sebuah topik keilmuan untuk menyelesaikan studi S1 di STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar. Dalam memilih topik keilmuan belum diketahui secara pasti faktor apa yang membuat mahasiswa memlilih topik keilmuan. Data didapat dari kantor pandidikan STIKOM Tunas Bangsa yang merupakan data mahasiswa lulusan tahun 2014 – 2021 jenjang S1. Algortitma Naive Bayes digunakan dalam penelitian ini untuk mengklasifikasikam data yang diperoleh untuk mengetahui faktor dalam memilih topik keilmuan di STIKOM Tunas Bangsa.

References


Buulolo, E. (2020). Data Mining Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta.

Fikri Mauriza, A., & Sulistyo Nugroho, Y. (2014). Implementasi data mining untuk memprediksi kelulusan mahasiswa fakultas komunikasi dan informatika UMS menggunakan metode Naive Bayes.

Jananto, A. (2013). Algoritma Naive Bayes untuk Mencari Perkiraan Waktu Studi Mahasiswa. 18(1), 9–16.

Prasetyowati, E. (2017). DATA MINING Pengelompokan Data untuk Informasi dan Evaluasi.

Salmu, S., & Solichin, A. (2017). Prediksi Tingkat Kelulusan Mahasiswa Tepat Waktu Menggunakan Naïve Bayes : Studi Kasus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu, 701–709. Jakarta.

Wanto, A., Hasan Siregar, M. N., Perdana Wirdanto, A., Hartama, D., Sri Rahayu Ginantra, N. L. W., Napitupulu, D., … Prianto, C. (2020). Data Mining : Algoritma dan Implementasi.

Werdiningsih, I., Nuqoba, B., & Muhammadun. (2020). Data Mining Menggunakan Android, Weka, Dan Spss.

Widhi Saputro, I., & Wulan Sari, B. (2019). Uji Performa Algoritma Naïve Bayes untuk Prediksi Masa Studi Mahasiswa. 6(1), 1–11.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

LPPM STIKOM Tunas Bangsa
https://tunasbangsa.ac.id/lp2m/
Organized by STIKOM Tunas Bangsa
Published by LPPM STIKOM Tunas Bangsa
W: https://skripsi.tunasbangsa.ac.id/index.php/2022

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0