Penerapan Metode Data Mining Klasifikasi Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Pada Kualitas Pelayanan Dan Makanan
Abstract
Meningkatnya jumlah gerai makanan yang buka menimbulkan persaingan di antara para pemilik usaha dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan kualitas makanan pada usahanya untuk menarik dan bahkan mempertahankan konsumennya. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga kepuasan pelanggan agar bisnis yang dijalankan bisa terus maju dan berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk membuat model klasifikasi menggunakan Data Mining Algoritma C4.5 yang akan menghasilkan sebuah pohon keputusan dan pengujian menggunakan RapidMiner. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan khususnya bagi pihak perusahaan untuk memperbaiki dan mengembangkan kualitas usahanya.
Full Text:
Diterima: Revisi MinorReferences
Agung, A., Maulana, H. M., Andini, D. C., & Nadziroh, F. (2018). Sistem peminjaman ruangan online (spro) dengan metode uml. Jurnal Teknologi Dan Terapan Bisnis (JTTB), 1(1), 1–8.
Asa, R. S., Defit, S., & Na’am, J. (2019). Identifikasi Penyaluran Zakat Menggunakan Algoritma C4.5 (Studi Kasus di BAZNAS Kabupaten Agam). Jurnal Sains Dan Informatika, 5(1), 50. https://doi.org/10.22216/jsi.v5i1.4048
Azwanti, N., & Elisa, E. (2020). Analisa Kepuasan Konsumen menggunakan Algoritma C4.5. SNISTEK, 3.
Batubara, D. N., & Windarto, A. P. (2019). Analisa Klasifikasi Data Mining Pada Tingkat Kepuasan Pengunjung Taman Hewan Pematang Siantar Dengan Algoritma. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komputer), 3(1), 588–592. https://doi.org/10.30865/komik.v3i1.1664
Djunaidy, A., Soelaiman, R., & ... (2000). Aplikasi Data Mining Untuk Pencarian Pola Sekuensil Dengan Mengunakan Algoritma Direct Sequential Pattern Generation. In … Komputer dan Sistem ….
Erick Santana Perangin-Angin,Fendi Hidayat, ST., M. K. (2018). Sistem Informasi Kuliner Kota Batam Berbasis Smartphone Android Dengan Ionic Framework. Sistem Informasi Kuliner Kota Batam Berbasis Smartphone Android Dengan Ionic Framework, 8(3), 77–89.
Fadillah, W. R., Hartama, D., Damanik, I. S., Safii, M., & Suhendro, D. (2020). Implementasi Data Mining C4 . 5 Dalam Mengukur Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Asisten Laboratorium Komputer. Prosiding Seminar Nasional Riset Information Science (SENARIS), 2(3), 403–414.
Fadlil, F. W. M. (2007). Pembuatan Aplikasi Rekomendasi Menggunakan Decision Tree dan Clustering. KURSOR, 3(Kursor), 45–46.
Fayyad, U., Piatetsky-Shapiro, G., & Smyth, P. (1997). Knowledge Discovery and Data Mining. Journal of Japan Society for Fuzzy Theory and Systems, 9(6), 851–860. https://doi.org/10.3156/jfuzzy.9.6_851
Hendini, A. (2016). PEMODELAN UML SISTEM INFORMASI MONITORING PENJUALAN DAN STOK BARANG (STUDI KASUS: DISTRO ZHEZHA PONTIANAK). JURNAL KHATULISTIWA INFORMATIKA, IV(2), 107–116. https://doi.org/10.2135/cropsci1983.0011183x002300020002x
Indah Prahartiwi, L., Informasi, S., Nusa Mandiri, S., Damai No, J., & Jati Barat Jakarta Selatan DKI Jakarta, W. (2017). Pencarian Frequent Itemset pada Analisis Keranjang Belanja Menggunakan Algoritma FP-Growth. Information System for Educators and Professionals, 2(1), 1–10.
Irnanda, K. F., Hartama, D., & Windarto, A. P. (2021). Analisa Klasifikasi C4 . 5 Terhadap Faktor Penyebab Menurunnya Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Masa Pandemi. 5, 327–331. https://doi.org/10.30865/mib.v5i1.2763
Kholik, A. (2018). IMPLEMENTASI DATA MINING POLA PEMILIHAN ME NU RESTORAN MEGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI. Imandiri.Id, 1–15.
Laila, R., Hendra, S., Azhar, R., Anwar, A., & Rasmita, H. (2020). PENERAPAN ALGORITMA C4.5 DALAM MENGENALI POLA PERKEMBANGAN PEKERJAAN PROYEK. ScientiCO : Computer Science and Informatics Journal, 3(2), 83–93.
LAROSE, D. T. (2005). Discovering Knowledge in Data: An Introduction to Data Mining. John Willey & Sons, Inc.
Mandasari, V., & Tama, B. A. (2011). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Restoran Cepat Saji Melalui Pendekatan Data Mining: Studi Kasus XYZ. Generic, 6, 25.
Nugraha, A. (2020). Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma C4. 5 Untuk Memprediksi Kepuasan Pelanggan Gojek. http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/1900/
Pakpahan, P. A., & Sutjahjo, G. (2018). ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI KEHADIRAN KARYAWAN DENGAN METODE SCAN BARCODE. Zona Komputer ISSN 2087- 7269, 8(1), 47–55.
Rani, L. N. (2016). Klasifikasi Nasabah Menggunakan Algoritma C4.5 Sebagai Dasar Pemberian Kredit. INOVTEK Polbeng - Seri Informatika, 1(2), 126. https://doi.org/10.35314/isi.v1i2.131
Rizmayanti, A. I., Hidayati, N., Nugraha, F. S., & Gata, W. (2021). Penerapan Data Mining Untuk Memprediksi Kompetensi Siswa Menggunakan Metode Decission Tree ( Studi Kasus Smk Multicomp Depok ). Swabumi, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.31294/swabumi.v9i1.8363
Saragih, D. A. R., Safii, M., & Suhendro, D. (2021). Penerapan Data Mining Klasifikasi Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Sistem Informasi di Program Studi Sistem Informasi. Journal of Information System Research (JOSH), 2(2), 173–177.
Sari, M. (2021). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Rumah Nutrisi Di Banjarmasin Sebagai Implementasi Penerapan Data Mining Algoritma C4.5. Technologia, 12, 49.
Tabrani, M., & Rezqy Aghniya, I. (2019). Implementasi Metode Waterfall Pada Program Simpan Pinjam Koperasi Subur Jaya Mandiri Subang. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 14(1), 44–53. https://doi.org/10.35969/interkom.v14i1.65
Tarigan, H. D., Destiawati, F., & Fitriansyah, A. (2017). Implementasi Algoritma C4.5 terhadap Kepuasan Pelanggan. Ethos, 80–86.
Wasilah, N. M. (2013). Penerapan Data Mining Untuk Menganalisis Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode C4.5 (Vol. 5).
Refbacks
- There are currently no refbacks.