Analisa Metode C.45 Terhadap Tingkat Kepuasan Mahasiswa Pada Pelayanan Bagian Pendidikan (Administrasi)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan Mahasiswa terhadap layanan bagian pendidikan khususnya bagian administrasi STIKOM Tunas Bangsa. Dengan mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa, pihak Perguruan Tinggi terutama bagian administrasi diharapkan dapat memperbaiki layanan apabila tingkat kepuasan kurang memuaskan dan lebih meningkatkan pelayanan apabila tingkat kepuasan sudah cukup baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Algoritma C45 dimana sumber data di peroleh dengan membagikan kuisioner yang dibagikan secara acak kepada Mahasiswa STIKOM Tunas Bangsa.
Full Text:
Diterima: Revisi MinorReferences
Arfandi, Windarto, A. P., & Saragih, I. S. (2021). Penerapan Data Mining Klasifikasi Pada Calon Pelanggan Baru Indihome dengan C.45. 1(1), 31–38.
Ariani, F., & Taufik, A. (2020). Perbandingan Metode Klasifikasi Data Mining untuk Prediksi Tingkat Kepuasan Pelanggan Telkomsel Prabayar. 16(1), 1–6.
Boky, Y. (2016). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar. Jurnal Jaffray, 14(2), 269.
Desyanti. (2018). Penerapan Data Mining Algoritma C4.5 untuk Mengetahui Tingkat Kepuasan Konsumen di Hotel Grand Zuri Dumai. 4(2).
Handoko, K. (2016). Penerapan Data Mining Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Instansi Perguruan Tinggi Menggunakan Metode K-Means Clustering (Studi Kasus di Program Studi TKJ Akademi Komunitas Solok Selatan). 02(03), 31–40.
Hendini, A. (2016). Pemodelan Uml Sistem Informasi Monitoring Penjualan dan Stok Barang (Studi Kasus: Distro Zhezha Pontianak). JURNAL KHATULISTIWA INFORMATIKA, IV(2), 107–116.
Junia, A., & Riandari, F. (2019). Data Mining Untuk Mengukur Tingkat Kepuasan Peserta Bpjs Ketenagakerjaan Menggunakan Algoritma C4.5. Jurnak Sains Dan Teknologi, 1(1), 47–51.
M. Afdal, M. A., & Rosadi, M. (2019). Penerapan Association Rule Mining Untuk Analisis Penempatan Tata Letak Buku Di Perpustakaan Menggunakan Algoritma Apriori. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 5(1), 99.
Mirqotussa’adaha, Muslima, M. A., Sugihartia, E., Prasetiyoa, B., & Alimah, S. (2017). Penerapan Dizcretization dan Teknik Bagging Untuk Meningkatkan Akurasi Klasifikasi Berbasis Ensemble pada Algoritma C4 . 5 dalam Mendiagnosa Diabetes. 8(2), 135–143.
Nur, F., Zarlis, P. M., & Nasution, D. B. B. (2017). Penerapan Algoritma K-Means Pada Siswa Baru Sekolah Menengah Kejuruan Untuk Clustering Jurusan. InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan), 1(2), 100–105.
Oktafianto. (2016). Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik Menggunakan Metode Algoritma C4.5 (Studi Kasus: STMIK Pringsewu). 02(01), 1–11.
Patmawati, H., & Santika, S. (n.d.). Penggunaan Software Microsoft Excel sebagai Alternatif Pengolahan Data Statistika Penelitian Mahasiswa Tingkat Akhir. 124–129.
Sadewo, M. G., Eriza, A., Windarto, A. P., & Hartama, D. (2019). Algoritma K-Means Dalam Mengelompokkan Desa/Kelurahan Menurut Keberadaan Keluarga Pengguna Listrik dan Sumber Penerangan Jalan Utama Berdasarkan Provinsi. Sainteks 2019, 754–761.
Saragih, D. A. R., Safii, M., & Suhendro, D. (2021). Penerapan Data Mining Klasifikasi Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Sistem Informasi di Program Studi Sistem Informasi. Journal of Information System Research (JOSH), 2(2), 173–177.
Sari, R. W., Wanto, A., & Windarto, A. P. (2018). Implementasi Rapidminer Dengan Metode K-Means (Study Kasus: Imunisasi Campak Pada Balita Berdasarkan Provinsi). KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komputer), 2(1), 224–230. https://doi.org/10.30865/komik.v2i1.930
Setiawati, D., Taufik, I., Jumadi, & Z, W. B. (2019). Klasifikasi Terjemahan Ayat Al-Qurantentang Ilmu Sains Menggunakan Algoritma Decision Tree Berbasis Mobile. Jurnal SAINTIKOM (Jurnal Sains Manajemen Informatika Dan Komputer), 18(1), 82.
Suendri, Jamil, M., & Prasetya, N. H. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Administrasi Fakultas Sains Dan Teknologi UIN Sumatera Utara Selama Masa Pandemi Covid-19.
Sutoyo, I. (2018). Implementasi Algoritma Decision Tree Untuk Klasifikasi Data Peserta Didik. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 14(2), 217.
Tuerah, F. F. R., Mananeke, L., & Tawas, H. N. (2015). Analisis Kualitas Layanan Akademik dan Administrasi Terhadap Kepuasan Mahasiswa Analysis. 3(4), 422–432.
Widawati, E., & Siswohadi. (2020). Analisis Tentang Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik dan Pelayanan Administrasi. Jurnal Mitra Manajemen, 4(10), 1500–1513.
Wijaya, S. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadappelayanan Bagian Keuangan Dengan Metode Customer Satisfaction Index. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 3(1), 11–17.
Yulia, A. D. P. (2019). Data Mining Menggunakan Algoritma C4.5 Untuk Memprediksi Kepuasan Mahasiswa Terhadap Terhadap Kinerja Dosen di Kota Batam. 02, 56–66.
Refbacks
- There are currently no refbacks.