Penerapan Algoritma Naive Bayes Untuk Menganalisis Keberhasilan Pembelajaran Daring Di Sma Kartika Pematang Siantar

Aulia Nurul Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa efektif pembelajaran daring ini bagi siswa, Pada saat seperti ini peran pendidik sangat memiliki pengaruh yang penting terhadap pemahaman peserta didik dalam sistem pembelajaran. Karena adanya pandemi ini sistem pembelajaran di sekolah yang awalnya pertemuan tatap muka terpaksa harus berubah menjadi daring. Oleh karena itu pada saat ini dibutuhkan suatu sistem untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembelajaran daring untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa. Sistem ini diharapkan dapat membantu untuk mengklasifikasikan tingkat keberhasilan pembelajaran daring pada siswa dengan menggunakan Algoritma Naïve Bayes. Teknik klasifikasi digunakan karena bisa menemukan model yang membedakan kelas data atau konsep data, dengan tujuan khusus untuk menentukan kelas dari label objek yang belum diketahui. Sedangkan Algoritma Naïve Bayes bisa melakukan prediksi peluang masa depan berdasarkan data yang sudah ada sebelumnya, dengan mempertimbangkan beberapa variabel yang akan menjadi penentu hasil akhir suatu keputusan. Data yang saya gunakan merupakan hasil observasi dari nilai siswa SMA Kartika Pematang Siantar yang telah saya ambil.


References


Amillina, I., & Qoiriah, A. (2021). Penerapan Algoritma Naïve Bayes dalam Klasifikasi Tingkat Kepuasan Siswa terhadap Pembelajaran Daring. 3, 16–23.

Ariansyah, A., & Kusmira, M. (2021). Analisis Sentimen Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Di Masa Pandemi Menggunakan Naive Bayes Dan Svm. Faktor Exacta, 14(3), 100. https://doi.org/10.30998/faktorexacta.v14i3.10325

Batubara, D. N., & Windarto, A. P. (2019). Analisa Klasifikasi Data Mining Pada Tingkat Kepuasan Pengunjung Taman Hewan Pematang Siantar Dengan Algoritma. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komputer), 3(1), 588–592. https://doi.org/10.30865/komik.v3i1.1664

Nursyi’ah, S. Y., Erfina, A., & Warman, C. (2021). Analisis Sentimen Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Twitter Menggunakan Algoritma Naïve Bayes. Jurnal Media Informatika Budidarma, 117–123.

Setiawan, H., Utami, E., & Sudarmawan, S. (2021). Analisis Sentimen Twitter Kuliah Online Pasca Covid-19 Menggunakan Algoritma Support Vector Machine dan Naive Bayes. Jurnal Komtika (Komputasi Dan Informatika), 5(1), 43–51. https://doi.org/10.31603/komtika.v5i1.5189

Sihombing, I. A., Hartama, D., Parlina, I., Gunawan, I., & Kirana, I. O. (2021). Analisis Keberhasilan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 menggunakan Algoritma C4 . 5 dan Naive Bayes. Jurnal Komputer Dan Informatika, 3(November), 89–96.

Wajhillah, R., & Yulianti, I. (2017). Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Prediksi Penggunaan Jenis Kontrasepsi Berbasis Web. Klik - Kumpulan Jurnal Ilmu Komputer, 4(2), 160. https://doi.org/10.20527/klik.v4i2.98


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

LPPM STIKOM Tunas Bangsa
https://tunasbangsa.ac.id/lp2m/
Organized by STIKOM Tunas Bangsa
Published by LPPM STIKOM Tunas Bangsa
W: https://skripsi.tunasbangsa.ac.id/index.php/2022

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0