Analisa Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Laka Lantas Polres Simalungun Dengan Teknik C4.5

Fira Fania

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Laka Lantas di Polres Simalungun. Dengan mengetahui tingkat kepuasan pelanggan, pihak Laka Lantas diPolres Simalungun dapat memperbaiki layanan apabila kurang baik dan lebih meningkatkan pelayanan apabila tingkat kepuasan sudah baik. Pada penelitian ini peneliti menggunakan teknik data mining algoritma C.45. Sumber data penelitian yang digunakan adalah dengan cara memberikan angket(kuisioner) kepada masyarakat.Pada penelitian ini alternatif yang digunakan sebagai sampel adalah Masyarakat yang sedang melakukan pelayanan kasus laka lantas diPolres Simalungun . Hasil dari penelitian ini berupa masukan bagi Laka Lantas agar memberikan pelayanan sebaik mungkin sehingga  masyarakat merasa puas dengan layanan tersebut.


References


Batubara, Dinda Nabila, dan Agus Perdana Windarto. 2019. “Analisa Klasifikasi Data Mining Pada Tingkat Kepuasan Pengunjung Taman Hewan Pematang Siantar Dengan Algoritma.” KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer) 3(1): 588–92.

Fauziah, F, Dedy Hartama, dan Irfan Sudahri Damanik. 2020. “Analisa Kepuasan Pelanggan Menggunakan Klasifikasi Data Mining.” Brahmana : Jurnal Penerapan Kecerdasan Buatan 2(1): 41–48.

Mardiyanto, Rizka, dan Mary Ismowati. 2018. “Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Dalam Upaya Peningkatan Kepuasan Kualitas Pelayanan Masyarakat Di Kantor Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang.” Transparansi Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi 9(2): 184–97.

Maulana, Imam Dipsa. 2017. “Optimalisasi unit laka lantas dalam penanganan kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum polres kudus.” Police Studies Review 1(1): 329–80.

Neighbor, Menggunakan Metode K-nearest. 2018. “Penerapan data mining untuk prediksi penjualan produk elektronik terlaris menggunakan metode k-nearest neighbor.”

Rahayu, Sri, Irfan Sudahri Damanik, dan M Fauzan. 2021. “Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Pengadilan Negeri Simalungun Menggunakan Metode Algoritma C4.5.” Jurasik (Jurnal Riset Sistem Informasi dan Teknik Informatika) 6(1): 89.

Ramadhan, Gumilar et al. 2020. “Penerapan Data Mining Menggunakan Algoritma C4.5 Dalam Mengukur Tingkat Kepuasan Pasien BPJS.” Prosiding Seminar Nasional Riset Dan Information Science (SENARIS) 2: 376–85.

Rosandy, Triowali. 2016. “Perbandingan Metode Naive Bayes Classifier dengan Metode Decision Tree Untuk Menganalisa Kelancaran Pembiayaan.” Jurnal TIM Darmajaya 02(01): 52–62.

Shiddiq, Ahmad, Ratih Kumalasari Niswatin, dan Intan Nur Farida. 2018. “Ahmad Shiddiq Analisa Kepuasan Konsumen Menggunakan Klasifikasi Decision Tree Di Restoran Dapur Solo (Cabang Kediri).” Generation Journal 2(1): 9.

Simatupang, Julianto, dan Setiawan Sianturi. 2019. “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMESANAN TIKET BUS PADA PO. HANDOYO BERBASIS ONLINE Julianto.” Jurnal Intra-Tech 3(2): 11–25.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

LPPM STIKOM Tunas Bangsa
https://tunasbangsa.ac.id/lp2m/
Organized by STIKOM Tunas Bangsa
Published by LPPM STIKOM Tunas Bangsa
W: https://skripsi.tunasbangsa.ac.id/index.php/2022

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0