Penerapan Data Mining Dalam Mengelompokkan Keberhasilan Kurir Sicepat Ekspres Menggunakan Algoritmak-Means

Oka Ristawaty Sirait

Abstract


Penelitian ini dilakukan  untuk membantu  Ekspedisi Sicepat Ekspres dalam mengelompokkan keberhasilan kurir karena Ekspedisi Sicepat Ekspres belum menerapkan data mining untuk mengelompokkan kurir mana  yang berhasil dalam pengantaran paket. Sekarang ini banyak sekali peminat berbelanja online karena berbelanja online lebih praktis dan bisa dilakukan dimana saja, karena semakin banyak nya peminat belanja online maka semakin banyak perusahaan ekspedisi yang semakin berkembang salah satunya ekspedisi Sicepat Ekspres. Namun ekspedisi Sicepat Ekspres belum menerapkan data mining untuk itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui secara detail mengenai data pengelompokkan keberhasilan kurir. Dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari perusahaan Sicepat Ekspres Gerai Simalungun yang terletak di Jl.Jenderal Sudirman,Perdagangan. Data tersebut memiliki 585 data yang diambil dari awal bulan oktober 2021 sampai akhir bulan oktober 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan algoritma K-Means yang nantinya 585 data pengantaran kurir Sicepat Ekspres akan dikelompokkan berdasarkan cluster nya masing-masing dan akan diketahui keberhasilan kurir setelah mengetahui nilai tertinggi pengantaran paket masing-masing kurir.

 


References


Linda Maulida ( 2018 ) : Penerapan Data Mining Dalam Mengelompokkan kunjungan Wisatawan Ke Objek Wisata Unggulan DiPROV.DKI JAKARTA Dengan K-Means

Moch Bustommy Maulana, Slamin, Oktalia Juwita (2017) : Rancang Bangun Aplikasi Customer Relationship Management (CRM) Untuk Identifikasi Tingkat Kepuasan Pelanggan Pada Perusahaan PT.TIKI Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Agen Mastrip Jember Menggunakan Metode K_Means Clustering

Yunita Ratna Sari, Arby Sudewa, Diah Ayu Lestari, Tri Ika Jaya (2020) : Penerapan Algoritma K-Means Untuk Clustering Data Kemiskinan Provinsi Banten Menggunakan Banten Menggunakan RapidMiner

Dewi Arianti Wulandari,Sonny Syahrindra Putra (2016) : Analisa Data Dan Perancangan Aplikasi Service Pelanggan PT.JNE Untuk Peningkatan Kualitas Layanan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

LPPM STIKOM Tunas Bangsa
https://tunasbangsa.ac.id/lp2m/
Organized by STIKOM Tunas Bangsa
Published by LPPM STIKOM Tunas Bangsa
W: https://skripsi.tunasbangsa.ac.id/index.php/2022

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0